Rabu, 23 Oktober 2019

KD 7 KONSEP KERJA PROTOKOLER SERVER SOFTSWITCH

KONSEP KERJA PROTOKOLER SERVER SOFTSWITCH

   A.    Pengertian VoIP (Voice over Internet Protocol) 


         VoIP (Voice over Internet Protocol) disebut juga sebagai IP Telephony/ Internet Telephony/ Digital Phone adalah teknologi yang memungkinkan bercakap suara dari jarak jauh melalui media internet.
   B.     Kebutuhan Perangkat VoIP
a)      X-Lite
X-Lite berfungsi sebagai softphone untuk memanggil atau menerima telepon.
b)     Ip Phone
IP Phone berfungsi sebagai hardphone untuk memanggil dan menerima telepon.
c)      Briker
Briker berfungsi sebagai operating sistem VoIP.
d)     Server
Server berfungsi sebagai pusat pengolahan data pada jaringan VoIP.
e)      Modem
Modem berfungsi sebagai koneksi apabila server VoIP ada di jaringan.
   C.    Konsep Kerja Server Softwitch 
         Softwitch yaitu kumpulan dari beberapa perangkat protokol dan aplikasi yang memungkinkan perangkat-perangkat lain dapat mengakses layanan telekomunikasi atau internet berbasis jaringan I/O, dimana seluruh prosesnya dilakukan dengan menjalankan software pada suatu sistem komputer.
   D.    Cara Kerja Server Softwitch 
          Ketika pelanggan gateway dan Ip telepony mengirimkan sinyal satu sama lain dalam jaringan paket dengan menggunakan protokol Ip telepony seperti H.323 atau SIP. Setelah sinyal diterima softwitch akan mengidentifikasikan panggilan yang masuk apakah berasal dari jaringan PSTN atau jaringan IP. Jika dipanggil menggunakan jaringan IP, softwitch akan mengintruksikan originating customer gateway dan terminating customer gateway untuk merutekan packetized vice stream secara langsung. Softwitch mengontrol pembentukan (setup) dan pemutusan (release) panggilan dari dan ke pelanggan dan sekaligus mengatur hubungan pelanggan  tersebut dengan internet.

SOAL ESSAY!
1. apa yang dimaksud voip...
 VoIP (Voice over Internet Protocol) disebut juga sebagai IP Telephony/ Internet Telephony/ Digital Phone adalah teknologi yang memungkinkan bercakap suara dari jarak jauh melalui media internet.
2.bagaimana konsep kerja server softswitch?
 Softwitch yaitu kumpulan dari beberapa perangkat protokol dan aplikasi yang memungkinkan perangkat-perangkat lain dapat mengakses layanan telekomunikasi atau internet berbasis jaringan I/O, dimana seluruh prosesnya dilakukan dengan menjalankan software pada suatu sistem komputer.
3. apakah yang dimaksud sip dan softswitch?
 SIP adalah suatu signalling protocol pada layer aplikasi yang berfungsi untuk membangun, memodifikasi, dan mengakhiri suatu sesi multimedia yang melibatkan satu atau beberapa pengguna. Sesi multimedia adalah pertukaran data antar pengguna yangbisa meliputi suara, video, dan text.
4. jelaskan bagaimanakah prosedur instalasi server softswitch berbasis sip?
 Pertama adalah menghubungkan SIP proxy dengan PBX system existing sebagai gateway ke PSTN. Untuk menghubungkan dari IP Network ke PSTN, SIP proxy akan me-routing-kan seluruh panggilan dari panggilan VoIP ke PSTN. Link koneksi bisa menggunakan PRI ISDN maupun T1 Pertama yang harus dilakukan adalah setup SIP proxy (SIP call manager), setelah set-up berjalan dengan baik, selanjutnya tinggal menghubungkan ke PBX existing dengan link ISDN, E1 atau T1.
Kedua ,selanjutnya adalah migrasi existing user dan services ke SIP. Migrasi semua handset ke SIP baik menggunakan gateway maupun mengganti dengan handset yang native SIP. Pendekatan dengan menggabungkan keduanya biasanya menjadi pilihan yang baik. Selanjutnya adalah set-up SIP application server untuk mengakomodasi fitur-fitur yang dibutuhkan user seperti voice mail, multi-party conferencing, IVR, fine me follow me dan masih banyak lagi fitur yang disupport SIP.
Ketiga, Terakhir melakukan routing panggilan ke luar melalui koneksi internet.Banyak operator memulai menjual SIP based dengan menawarkan layanan long distance dengan harga yang lebih murah. Yang perlu diantisipasi adalah nature network internet yang unpredictable (seperti jitter dan error rate) dan tentu saja security. Sebagai tahap awal SIP dapat digunakan sebagai alternatif untuk melakukan panggilan ketika diluar kantor atau teleworkers.
5. sebutkan kebutuhan perangkat voip..
 X-Lite
 Ip Phone
 Briker
 Server
 Modem

SOAL PILIHAN GANDA!
1. Singkata  dari VoIP adalah….
   a. Voice Over Internet Protocol
   b. Voice Offered Internet Protocol
   c. Voice Offered Internal Protocol
   d. Voice Over Internal Protocol
   e. Voice Over Internet Problem
2. Badan tekstual individu dipertukarkan antara server dan klien, disebut…
   a.  Transaction
   b.  Requests
   c.  Responses
   d.  Message
   e.  Dialog
3. Yang bukan fungsionalitas kontrol pemanggilan adalah…
   a.  Menjaga kondisi panggilan
   b.  Menyediakan layanan yang akan mengubah panggilan
   c.  Menyederhanakan upgrade infrastruktur dengan terbuka dan memusatkan fitur layanan.
   d.  Permintaan layanan dari fungsi dalam layer fungsionalitas service control
   e.  Permintaan penentuan, alokasi, dan pelepasan sumber dari pembawa fungsi control
4. Softswitch mempunyai arsitektur utama kecuali…
   a.  Feature Server
   b.  Perangkat akses
   c.  Application Server
   d.  Media Gateway
   e.  Call Control & Signaling Plane
5. Bagian jaringan yang menyediakan dan mengeksekusi satu atau beberapa aplikasi layanan di dalam jaringan softswitch yaitu….
   a.  Service/Application Plane
   b.  Transport Plane
   c.  IP Transport Domain
   d.  Interworking Domain
   e.  Manajemen Plane

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Setting Modem IndiHome Fiber Optic ZTE ZXHN F609

Cara Setting Modem IndiHome Fiber Optic ZTE ZXHN F609. Pada dasarnya untuk cara melakukan settingan semua Modem ADSL Speedy ataupun Modem ...